Cara Mengatur Pernafasan Agar Panjang Saat Olahraga

Cara Mengatur Pernafasan agar panjang sangat dibutuhkan bagi setiap orang khususnya atlet olahraga. Atlet olahraga harus bisa mengatur nafas mereka agar energi yang mereka keluarkan bisa maksimal dan menghasilkan kekuatan yang besar. untuk itu dibutuhkan cara mengatur pernafasar yang baik dan benar suapaya nafas bisa panjang saat melakukan aktivitas olahraga.

Mengatur Pernafasan bisa sangat menjadi sulit di awal mula karena kita harus konsentrasi menjaga ritme pernafasan, cara yang paling efektif adalah dengan membiasakan diri untuk mengatur nafas agar menjadi lebih panjang. Di bawah ini akan dijelaskan teknik cara mengatur pernafasan agar lebih panjang saat olahraga atau bernyanyi.
Cara Mengatur Pernafasan Agar Panjang Saat Olahraga

Cara Mengatur Pernafasan Agar Panjang


Cara Mengatur Pernafasan Agar Panjang yaitu Bernafas dari Mulut

Bernafas menggunakan mulut adalah salah satu cara yang benar yang dilakukan ketika berlari. Asupan oksigen melalui mulut akan lebih banyak begitu pun dengan karbondioksida yang keluar. Selain itu kondisi wajah dan rahang juga akan terasa santai. Berbeda ketika kita bernafas melalui hidung, maka wajah akan mengencang dan rahang cenderung mengeras selain itu akan mudah capek dan ngos-ngosan tentunya karena kurangnya asupan oksigen dalam tubuh.

Cara Mengatur Pernafasan Agar Panjang yaitu Menggunakan pernapasan perut bukan dada

Anda harus bisa membedakan mana itu pernapasan perut atau diafragma ddan mana itu pernapasan dada. Jika masih belum paham cobalah anda terlentang kemudian silahkan hembuskan nafas beberapa kali. Perhatikanlah keadaan dada dan perut, jika dada naik turun maka itulah yang dinamakan dengan pernafasan dada dan jika cuma perut yang mengembang maka itulah pernapasan perut atau diafragma. Bernapas melalui perut akan membuat nafas anda lebih panjang dan membuat aktivitas lari anda efektif.

Cara Mengatur Pernafasan Agar Panjang yaitu Mengambil nafas pendek tidak panjang

Mengatur ritme nafas yang pendek-pendek juga akan membuat lari lebih lama. Ketika nafas panjang biasanya nafas mudah sekali ngos-ngosan sehingga jarak laripun tidak mampu berlari cukup jauh.

Cara Mengatur Pernafasan Agar Panjang yaitu dengan Nafas yang berirama

Salah satu strategi yang sering digunakan oleh para atlet lari adalah salah satunya dengan mengatur ritme nafas yang konsisten. Misalnya ada dua orang pelari, pelari yang satu mengambil nafas ketika 2 kali melangkah sedangkan pelari kedua bernafas ketika 3 kali melangkah. Ini disesuaikan dengan kondisi tubuh.

Cara Mengatur Pernafasan Agar Panjang yaitu dengan mendengarkan nafas anda

Komunikasikan nafas anda, ketika bernafas dengarkan secara saksama menggunakan telinga anda. Ketika nafas mulai terengah-engah kurangi kecepatan lari, dan apabila kembali stabil tingkatkan secara bertahap.

Untuk cara diatas bisa saja menjadi teknik pernafasan panjang jika anda mau berlatih keras setiap hari dengan mengatur pernafasan anda dan menjadi lebih kuat, semoga artikel cara mengatur pernafasan ini bisa sangat membantu anda dalam mengatur pernafasan.