20 Manfaat Banyak Minum Air Putih untuk Tubuh Setiap Hari

Manfaat Banyak Minum Air Putih untuk Tubuh Setiap Hari akan kita rasakan bila kita rutin minum banyak air setiap hari, tapi kadang orang malas untuk minum air putih mungkin orang beranggapan minum air putihjika sedang haus atau sehabis makan saja itu sudah cukup. Ta[i banyak yang tahu jika mengkonsumsi air putih sangat bermanfaat untuk menajdaga kesehatan kita.

Dengan meminum air putih yang banyak minimal 8 gelas sehari, maka manfaat dari air putih akan kita rasakan untuk tubuh kita. Tubuh kita memerlukan air sebanyak 2,5 liter setiap hari apabila tubuh kita tidak diisi air maka tubuh akan dehidrasi dan kinerja tubuh akan berkurang.

Mengapa air sangat diperlukan untuk tubuh? karena jika tubuh kita tidak cukup air maka perut akan mengambil cairan dari darah, usus dan perut agar proses pencairanmakanan menjadi lembek sebelum dihantarkan ke usus kecil. Selain itu manfaat air untuk tubuh masih banyak sekali akan dijelaskan dibawah ini :
20 Manfaat Banyak Minum Air Putih untuk Tubuh  Setiap Hari


Manfaat Banyak Minum Air Putih untuk Tubuh


1.Mencegah Keriput dini di  wajah
Salah satu faktor terjadinya penuaan atau keriput dini di wajah adalah karena kulit terlalu kering. Dengan minum air putih yang cukup, kelembaban kulit anda akan terjaga. Kelembaban tersebut dapat menjaga elastisitas kulit sehingga anda akan terhindar dari keriput dini di wajah.

2.Penyeimbang Sistem Getah Bening.
Saat sistem getah bening dapat bekerja dengan optimal, maka tubuh akan memiliki kekuatan lebih untuk melawan infeksi yang dapat menganggu kualitas kesehatan tubuh yang anda miliki.

3.Membuat Anda tetap waspada.
Dehidrasi adalah penyebab utama rasa lelah yang terjadi sepanjang hari. Jika rasa letih yang Anda rasakan lebih seperti dorongan kuat untuk tidur siang, coba minum segelas air. Minum cukup air putih akan membuat Anda bekerja lebih baik, paling tidak bisa mencegah Anda merasa sulit konsentrasi. Perlu Anda tahu, tingkat dehidrasi sebesar dua persen bisa memicu masalah memori jangka pendek. Anda juga akan mengalami kesulitan berfokus pada apa yang sedang Anda baca di layar komputer.

4.Mengontrol Berat Badan Tubuh.
Berat badan yang ideal merupakan impian setiap orang. Bagi anda yang ingin menyesuaikan berat badan yang proporsional, maka mulailah mencukupi kebutuhan air putih di pagi hari.

5.Untuk Menjaga Mood
Wanita yang dehidrasi akan mengalami sakit kepala (pusing), kelelahan, suasana hati yang memburuk atau badmood, dan kesulitan berkonsentrasi. Maka dari itu, minum air putih sangat bermanfaat bagi Anda yang tidak ingin sering badmood.

6.Mengontrol Berat Badan
Air putih juga bermanfaat untuk mengontrol berat badan anda. Ini dikarenakan air putih mampu menahan nafsu makan anda yang berlebihan. Jadi bagi anda yang yang mengalami masalah berat badan, minum air putih dapat menjadi solusi yang terbaik.

7.Menjadi Awet Muda
Air putih juga mampu membuat kulit kita lebih segar dan terlihat bugar setiap hari. Sehingga terlihat selalu tampak awet muda dan terhindar dari kulit kusam.

8.Memperlancar Sistem Pencernaan
Jika kebutuhan cairan dalam tubuh Anda terpenuhi, otomatis Anda akan terhindar dari konstipasi, karena cairan dalam sebuah proses pencernaan selain membantu penyerapan nutrisi juga berfungsi untuk membentuk massa kotoran manusia.

8. Memperpanjang Pernafasan
Dengan sering meminum air putih maka otomatis nafas kita bisa menjadi panjang.

9. Melindungi jantung.
Orang yang terbiasa minum air putih lebih dari lima gelas dalam sehari, kemungkinannya untuk meninggal akibat serangan jantung turun 41 persen dibandingkan mereka yang hanya minum kurang dari dua gelas air putih sehari, demikian menurut studi selama enam tahun yang diterbitkan di American Journal of Epidemiology. Selain itu, kebiasaan minum air putih dalam jumlah minimal lima gelas sehari juga akan mengurangi risiko kanker. Tubuh yang tak kekurangan cairan dapat mengurangi risiko kanker usus hingga 45 persen, kanker kandung kemih hingga 50 persen, dan kemungkinan juga mengurangi risiko kanker payudara.

10.Tenaga Lari Lebih Cepat
Menurut sebuah penelitian pada tahun 2011, 14 pelari menyelesaikan 2 set putaran. Salah satu pelari minum air yang cukup selama istirahat. Satu pelari lainnya tidak minum selama istirahat. Ternyata, pelari yang minum air selama istirahat, dapat berlari lebih cepat. Selain itu, ia memiliki suhu tubuh yang lebih rendah dan jantung yang berdetak sehat.

11.Membuang Racun Dalam Tubuh
Air putih dapat membantu membuang racun-racun yang ada dalam tubuh anda melalui urine yang anda keluarkan. Untuk itulah, minum air putih 2-3 liter perhari sangat dianjurkan untuk tubuh anda agar terhindar dari penyakit.


12.Memperkuat Tulang
Tahukah Anda? Ternyata air putih juga sangat baik untuk kesehatan tulang kita. Hal ini dikarenakan, air putih membantu untuk membuat sel-sel tulang kita yang baru.

13.Mencegah Penyakit Batu Ginjal
Batu ginjal sebenarnya disebabkan karena garam dan garam itu menurut teori larut dalam air. Dengan memenuhi kebutuhan air dalam tubuh, maka batu ginjal akan larut dan ikut keluar dengan air seni.


14.Mencegah sakit kepala.
Siapa yang tahan jika migrain mulai menyerang? Namun sebelum Anda mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri, coba atasi dengan minum air putih. Menurut para peneliti dari University of Masstricht, Belanda, minum air putih tujuh gelas dalam sehari bisa meredakan sakit kepala, dan meningkatkan kualitas hidup mereka yang selama ini menderita akibat migrain. Dalam uji coba, mereka yang minum 1,5 liter air sakit kepalanya berkurang 21 jam, demikian pula dengan intensitas rasa sakitnya.


15.Peremajaan Otot Dan Sel-Sel Darah Anda.
Minum air putih di pagi hari bermanfaat untuk memperbaharui organ otot serta seluruh sel darah di tubuh anda.

16.Miliki Usus Besar Yang Sehat.
Usus besar merupakan salah satu organ di sistem pencernan kita. Dengan minum air putih di pagi hari. akan berdampak positif untuk kesehatan usus besar. Sehingga penyerapan nutrisi makanan dapat berjalan dengan baik pula.

17.Organ Ginjal Yang Lebih Sehat.
Mencukupi kebutuhan asupan air putih di pagi hari dapat membantu meringankan kerja organ ginjal sekaligus menjaga kesehatan organ ginjal tersebut.

18.Meningkatkan ketajaman otak.
 Menurut penelitian, tingkat dehidrasi sebesar satu persen saja dari berat badan Anda sudah bisa mengurangi fungsi-fungsi berpikir Anda. Otak memang membutuhkan banyak oksigen agar dapat berfungsi pada tingkat optimal. Dengan minum banyak air putih, Anda bisa memastikan bahwa otak telah terpenuhi kebutuhannya. Malahan, minum 8-10 cangkir air putih setiap hari bisa memperbaiki tingkat performa kognitif sebanyak 30 persen.


19.Memperlancar Buang Air Besar.
Bagi seseorang yang mengalami sembelit atau susah air besar di pagi hari, maka sebaiknya minum air putih saat bangun tidur yang mana bertujuan untuk membantu melancarkan buang air besar tersebut.

20.Mencegah Penyakit Sembelit
Selain nomor 1 diatas, air putih juga sangat membantu dalam mencegah sembelit yang sering dialami oleh setiap orang dalam kaitannya dengan buang air besar. Minumlah air putih agar masalah sembelit tidak akan anda alami lagi.

 Demikianlah informasi mengenai manfaat minum banyak air setiap hari yang bisa kita berikan, semoga bermanfaat.