Penyebab Kandungan Keguguran dan Cara Mencegah Kandungan Tidak Keguguran

Penyebab Kandungan Keguguran dan Cara Mencegah Kandungan Tidak Keguguran - Kandungan pada ibu hami pasti akan selalu dijaga dan dinanti oleh seorang ibu untuk kelahiran buah hatinya. Namun apalah daya jika terjadi keguguran pada kandungan ibu hamil, entah itu takdir Tuhan atau ada penyebab lain yang membuat kandungan keguguran. Oleh karena itu sebelum terjadi kegugurankandungan ada sebaiknya ibu hamil mempersiapkan diri untuk mencegah kandungan agar tidak keguguran.

Sebelum kita mengetahui cara mencegah keguguran kandungan pada ibu hamil, mari kita mengetahui dulu penyebab kandungan keguguran.  beberapa faktor yang menjadi kandungan keguguran antara lain adalah sebagai berikut.:
Penyebab Kandungan Keguguran dan Cara Mencegah Kandungan Tidak Keguguran

Penyebab Kandungan Keguguran pada Ibu Hamil


Kelainan Hormon

Adanya kelainan pada ibu, seperti kelainan pada sisterm hormonal (bisa hormon prolaktin yang terlalu tinggi atau progesteron yang terlalu rendah), sistem kekebalan tubuh, infeksi menahun, dan penyakit berat yang diderita si ibu hamil.

Gaya Hidup
Keguguran juga dapat diakibatkan oleh gaya hidup. Wanita yang cenderung merokok, mengkonsumsi minuman keras, obesitas atau berat badan kurang dapat memiliki gangguan hormon yang berakibat gangguan kehamilan.

Kelainan Janin
Adanya kelainan pada janin yang disebabkan kelainan kromosom, yang terjadi saat berlangsungnya proses pembuahan. Akibatnya, embrio yang terbentuk cacat dan dikeluarkan tubuh.

Kelainan Rahim

Adanya kelainan pada rahim. Kelainan yang paling umum terjadi adalah adanya miom (tumor jaringan otot) yang dapat mengganggu pertumbuhan embrio. kelainan lain yaitu rahim terlalu lemah sehingga tidak mampu menahan berat janin yang sedang berkembang. Kehamilan dalam rahim yang terlalu lemah biasanya hanya mampu bertahan hingga akhir trimester pertama.

Penyebab lain adalah infeksi, seperti terkena virus TORCH, HIV, Hepatitis dll.

Nah setelah mengetahui kira-kira penyebabnya,bagaimana cara mencegah agar kandungan tidak keguguran, berikut adalah tips agar kandungan tidak keguguran.

Cara Mencegah Kandungan Tidak Keguguran




1. Jaga keseimbangan psikologis agar mampu menaklukkan kesulitan di awal kehamilan yang biasanya tidak mudah dihadapi, terutama bagi wanita yang baru pertama kali mengalami kehamilan.

2  Hindari pakaian ketat yang tidak lentur. Pakaian longgar atau elastis merupakan pilihan lebih baik karena tidak akan mengganggu perkembangan janin. Sama halnya dengan bra, kenakanlah yang nyaman.

3. Hindari makanan yang banyak mengandung vitamin A dan konsumsi makanan yang mengandung vitamin E dan perbanyak konsumsi makanan dengan zat besi.

4. Jangan sembarang mengonsumsi obat, suplemen, atau zat-zat kimia lainnya.

5. Jangan melakukan olah raga berat, misalnya, lari atau aerobik high impact.


6. Berhentilah merokok atau megonsumsi minuman keras. Risiko rokok dan alkohol pada bayi sangat buruk  dan bisa menyebabkan kandungan keguguran.

7. Pada kondisi hamil muda, wanita sangat rentan terkena stres dan menolak untuk makan. Padahal, perut yang kosong dapat memperparah keluhan mual dan dapat menurunkan kesehatan ibu hamil yang pada akhirnya membahayakan kandungan.

8. Hendaknya mengonsumsi pisang untuk mengisi perut dan mulai mencari makanan dengan aroma segar seperti biskuit jahe, teh, salad, jus jeruk, atau mint.

9. Wanita yang sedang hamil biasanya sering mengantuk. Jangan tunda untuk tidur saat serangan kantuk itu datang demi menjaga stamina dan menyimpan energi.

Demikian lah tips untuk mencegah kandungan agar tidak keguguran, semoga bermanfaat.