Mengobati Batuk untuk Balita dan Bayi Secara Alami

Obat Batuk untuk Balita dan Bayi Secara Alami - Batuk yang diderita oleh bayi berbeda dengan batuk orang dewasa perlu pengobatan yang lebih sensitif pada bayi/balita. Batuk pada orang dewasa bisa diatasi dengan membeli obat batuk di apotek atau obat batuk sirup. Namun pada bayi atau balita yang baru umur beberapa bulan. tidak bisa diberikan obat batuk sembarangan karena harus melalui resep dokter.

Tapi jika batuk yang diderita balita atau bayi masih baru anda tidak perlu pergi kedokter untuk membeli resep dan obat. anda cukup melakukan pengobatan secara tradisional pada bayi. Bagaimana mengobati batuk pada bayi secara alami dan tradisional? dibawah ini akan dijelaskan.

Mengobati Batuk untuk Balita dan Bayi Secara Alami


Mengobati Batuk pada bayi/balita dengan Uap
Uap dapat membantu melancarkan penyumbatan pada lubang hidung. Cara termudah adalah dengan menkondisikan kamar mandi menjadi kamar mandi uap. Nyalakan air panas di kamar mandi sehingga menghasilkan uap. Tutup pintu dan duduk dengan anak Anda di dalam selama kurang lebih 15 menit. Anda bisa melakukan terapi ini dua kali sehari.

Mengobati Batuk pada bayi/balita dengan Madu dan lemon
Kedua bahan ini dapat membantu mengurangi penyumbatan pada hidung sehingga bayi bisa bernafas. Campuran madu dan lemon memberikan bantuan pada tenggorokan, dan membunuh infeksi. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh madu dan lemon ke dalam air hangat.

Mengobati Batuk pada bayi/balita dengan Kunyit
Kunyit merupakan rempah-rempah yang baik untuk mengobati batuk. Caranya adalah dengan mencampurkan sejumput bubuk kunyit pada susu dua kali sehari.

Mengobati Batuk pada bayi/balita dengan Minyak pijat
Pemijatan lembut pada dada bayi menggunakan campuran minyak zaitu dan minyak essential akan membuat bayi lebih mudah bernafas. Anda dapat menggunakan minyak essential yang sehat seperti kayu putih, rosemary, dan minyak peppermint.

Tips Menobati Batuk untuk Bayi dan Balita


1. Berikan cairan yang banyak. 
Jika sikecil masih minum ASI, pastikan dia minum ASI yang banyak, didalam air susu ibu terdapat komponen yang dapat meningkatkan system kekebalan tubuh si kecil. Berikan air putih yang banyak, hindari pemberian jus buah atau minuman bersoda karena dapat menimbulkan iritasi pada tenggorokanya yang sedang sakit.

2. Berikan madu pada balita diatas satu tahun. 
Bayi dibawah satu tahun tidak direkomendasikan untuk diberikan madu. Madu memang bagus untuk perkembangan tubuh tapi biasanya penanganan madu pada tahap produsi madu tersebut tidak dijamin steril, sehingga berisiko diberikan kepada bayi dibawah satu tahun. Tim atau kukus terlebihdahulu madu selama 15-20 menit sebelum diberikan, jika Bunda tetap ingin memberikan madu pada bayi yang berusia dibawah satu tahun.

3. Hangatkan tubuh si kecil menggunakan minyak telon atau kayuputih.
Untuk menambah kenyamanan bernafas, tidurkan si kecil dengan bantal kepala yang lebih tinggi. Untuk mengurangi kekentalan lendir pada hidung, bunda dapat meneteskan larutan saline (garam steril) yang dapat diperoleh di apotek terdekat.

4. Untuk balita diatas 2 tahun
Anda dapat meringankan flu mereka dengan memberikan sup kaldu hangat, atau teh jahe dengan madu. Beberapa terapis herbal merekomendasikan campuran antara jeruk nipis dan madu untuk meringankan batuk sikecil. Campurkan air jeruk dan madu dengan perbandingan 1:1 berikan 1 sendok teh, 3 kali sehari setelah makan.

Itulah informasi mengenai cara mengobati batuk untuk bayi/balita yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.