Cara Alami Memutihkan Kulit Wajah dengan Pepaya

Cara Alami Memutihkan Kulit dengan Pepaya - Pepaya selain befungsi sebagai buah yang bisa menambah stamina juga mempunyai manfaat lain untuk kulit wajah karena pepaya mengandung gizi provitamin A, vitamin C, dan vitamin E  yang berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Senyawa ini mampu menyingkirkan radikal bebas penyebab kanker.

Pepaya juga mengandung banyak mineral, kalium, magnesium, dan serat. Nutrisi-nutrisi ini membuat pepaya amat bermanfaat bagi kesehatan, baik untuk memutihkan kulit wajah .Kadar vitamin C dalam pepaya adalah 48 kali lipatnya dari buah apel.

Pepaya mempunyai kadar protein yang tidak terlalu tinggi, hanya 4-6 gram per kilogram berat buah. Namun jumlah yang sedikit ini hampir seluruhnya dapat dicerna dan diserap tubuh. Hal ini disebabkan enzim papain dalam buah pepaya yang mampu mencerna zat sebanyak 35 kali lebih besar dari ukurannya sendiri. Selain itu buah pepaya juga rendah gula, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Cara memanfaatkan pepaya untuk memutihkan kulit wajah adalah dengan membuat masker wajah dari pepaya. Cara membuatnya adalah
  1. Kupas buah pepaya yang sudah matang. Buang bijinya dan potong menjadi ukuran kecil.
  2. Tempatkan pepaya ke dalam blender untuk dihaluskan sampai teksturnya lembut. Jangan tambahkan air pada tahap ini. Jika Anda masih bisa merasakan bagian yang masih kasar, masukkan kembali ke dalam blender untuk dihaluskan.
  3. Gunakan pepaya yang sudah dihaluskan tersebut sebagai masker menyegarkan/menenangkan. Anda boleh menerapkannya langsung dari blender. Pastikan supaya masker tidak kena mata. Pepaya yang di blender biasanya mengandung air sehingga cenderung menetes saat diterapkan. Oleh sebab itu, lebih baik Anda berbaring ketika masker diterapkan.
  4. Tambahkan madu ke dalam masker pepaya yang sudah dihaluskan tadi untuk melembutkan kulit. Madu juga dapat membantu membersihkan kulit Anda dari noda/flek hitam. Anda juga bisa menambahkan beberapa air jeruk nipis ke dalam campuran untuk membantu Anda merevitalisasi kulit yang kusam.
  5. Oleskan masker secara merata di bagian wajah. Pijat dengan jari Anda untuk meningkatkan sirkulasi dan memungkinkan enzim menembus kulit Anda.
  6. Setelah dioleskan pada wajah, diamkan selama 15-20 menit supaya meresap. Tunggu sampai masker mengering pada kulit. Setelah itu bilas dengan air hangat lalu keringkan dengan handuk lembut. Jangan menggosok kulit terlalu keras dan jangan langsung menerapkan make up pada kulit.
Lakukan tips ini dengan rutin seminggu 1 kali untuk mendapatkan kulit wajah yang putih, selamat mencoba