Cara Alami Agar Anak Tidak Ngompol

Cara Alami Agar Anak Tidak Ngompol  - Mengompol pada usia balita/bayi adalah hal yang wajar, tapi bagaimana jika terjadi pada usia anak 5 sampai 10 tahun?. beberapa faktor anak yang sering mengompol penyebabnya adalah:
Cara Alami Agar Anak Tidak Ngompol

Penyebab Anak Sering Ngompol

1. Sembelit: Jika anak mengalami konstipasi, maka ada kemungkinan ia sering kencing di tempat tidur. Ini juga bisa terjadi pada orang dewasa. Jika anak Anda telah mempratikkan pelajaran kencing di toilet dengan baik dan masih tetap mengompol, mungkin sembelit menjadi penyebabnya.

2. Gangguan kongenital: Mengompol adalah masalah yang terkait genetik. Ini mungkin berhubungan dengan ukuran kandung kemih yang kecil atau disfungsional kandung kemih. Gangguan bawaan ini diturunkan dari orangtua ke anak. Jika ada riwayat gangguan seperti ini dalam keluarga Anda, mungkin anak Anda juga mengalaminya.

3. Takut: Kecemasan adalah suatu emosi yang luar biasa untuk anak. Stres dan kecemasan bisa membuat anak Anda mengompol. Jika Anda memarahi anak saat menjelang tidur atau mengancam mereka dengan beberapa hukuman karena mengompol, maka anak akan kencing di tempat tidur karena takut. Perubahan tempat dan dorongan untuk tidur sendiri juga dapat membuat anak kehilangan kontrol atas nya atau kandung kemihnya.

 Mungkin penyebab diatas belum tentu pasti kebenarannya namun cara kita sebagai orang tua untuk mengatasi anak yang sering ngompol adalah dengan memberikannya konsumsi makanan secara alami untuk menghentikan ngompol, berikut beberapa bahan alami untuk menghilangkan ngompol pada anak usia 5 tahun keatas.

Cara Alami Agar Anak Tidak Ngompol


Rosa multifona thumb
Ambil 30 gram akar tumbuhan Rosa multifona Thumb dimasak dengan daging sapi has sampai dagingnya matang. Air hasil rebusannya diminumkan kepada anak dan dagingnya juga diberikan untuk dimakan.

Biji Kucai
Ambil 10 gram biji kucai + 5 butir ginkgo biloba (dipecahkan kulitnya lalu ambit isinya, disangrai dengan air garam sampai kekuningan), direbus dengan 300 cc air hingga tersisa 150 cc. Airnya diminum saat hangat-hangat kuku.

Telur Ayam Kampung
Ambil sebutir telur ayam kampung segar, lalu lubangi salah satu ujungnya dan masukkan 7 butir lada ke dalamnya. Tutup lubang tadi dan rebus atau kukus sampai matang. Berikan pada anak yang suka ngompol.

Buah Jamblang
Ambil 8 buah biji buah juwet/duwet/jamblang dan garam secukupnya, kemudian bungkus buah jewel dan garam tersebut dengan daun pisang, tanak atau kukus sampai airnya mendidih. Saat menjelang tidur berikan buah jambang tersebut kepada anak kita yang mengalami ngombol. Niscaya anak kita tidak akan ngompol lagi.

Adas Pulasari
Siapkan 4 buah adas pulasari, 7 biji buah juwet/duwet/jamblang (potong kecil-kecil) dan sepotong gula jawa. Cara mengolahnya, rebuslah bahan-bahan ramuan tersebut dengan air kira-kira dua cangkir sampai mendidih. Setelah dingin berikanlah kepada anak yang mempunyai kebiasaan mengompol, dengan dosis setengah cangkir menjelang tidur, lakukan dengan rutin hingga 3-4 hari berturut-turut.

Tulang Cumi
Ambil 10 gram tulang cumi dan 5 butir ginkgo biloba (dipecahkan kulitnya lalu ambil isinya), keduanya disangrai dengan air garam secara terpisah lalu sisihkan. Tambahkan 2 butir cengkeh + 1/2 jari kayu manis + 5 butir angco (kurma Tiongkok), semua bahan direbus dengan 300 cc air hingga tersisa 150 cc. Diminum saat hangat-hangat kuku.

Nah demikianlah Tips dan cara agar anak tidak seringn ngompol. Semoga bermanfaat