Tips Cara Mengencangkan Otot Perut Setelah Melahirkan

Tips Cara Mengencangkan Otot Perut Setelah Melahirkan - Setelah melahirkan, perubahan hormon menyebabkan rahim sulit untuk menyusut kembali pada ukuran pra-kehamilan. Dibutuhkan 6 hingga 8 minggu untuk mengembalikan rahim Anda ke ukuran semula. Bagaimana cara untuk mengembalikan ukuran perut secar normal setyelah melahirkan? Wanita yang mengalami kenaikan 13 kg dan berolahraga secara teratur selama kehamilan, menyusui, dan baru memiliki satu anak lebih mungkin untuk langsing dengan cepat.

Beberapa cara untuk mengencangkan perut setelah melahirkan bisa dilakukan dengan beberapa gerakan :
Tips Cara Mengencangkan Otot Perut Setelah Melahirkan

1. Gerakan Mengencangkan perut bagian samping
Awali dengan posisi duduk, lutut ditekuk dan telapak kaki menapak di lantai, rasakan otot perut tertarik. Upayakan tubuh bagian atas membentuk sudut 45 derajat terhadap lantai, ulurkan lengan ke depan. Putar tubuh sejauh yang Anda mampu ke arah kiri, tahan satu hitungan, kemudian putar ke kanan, tahan satu hitungan.

2. Mengencangkan perut bagian bawah
Berbaring dengan punggung rata di lantai, tarik otot perut. Taruh tangan di sisi tubuh, naikkan kaki membentuk sudut 45 derajat, dengan posisi punggung tetap menempel di lantai. Turunkan lutut ke arah dada, manfaatkan otot perut bawah untuk mengangkat pinggul sedikit di atas lantai. tahan dalam satu hingga dua hitungan, kembali ke posisi awal.

3. Mengencangkan perut bagian atas
Posisi badan berabring, julurkan kaki dan tangan ke atas. Pakai otot perut atas untuk mengangkat tubuh bagian atas. Arahkan jemari tangan ke ujung kaki keujung jempol kaki, rasakan bahu terangkat dari lantai dan otot perut tertarik. Tahan satu hitungan dan kembali ke posisi semula.

Tips Cara Mengencangkan Otot Perut Setelah Melahirkan




- Olahraga juga membantu. Cobalah lakukan olahraga jalan kaki di sekitar komples atau ikuti kelas yoga pasca melahirkan. Olahraga teratur seperti aerobik dan melakukan gerakan yang fokus pada perut juga dapat membuat perut kembali ke bentuk semula. Namun untuk melakukan olahraga ini sebaiknya berkonsultasi dulu ke dokter, kapan boleh dilakukan, apalagi jika Anda melahirkan melalui operasi caesar.

- Pada beberapa wanita yang sudah melahirkan lebih dari satu kali, biasanya teradapat kondisi diastasis recti yaitu dimana pada awal kehamilan ada tambahan kulit dan jaringan lunak pada dinding perut. Konsultasikan ke dokter Anda, bagaimana memperbaiki diastasis recti setelah melahirkan si buah hati.

- Menyusui dapat membantu, terutama pada bulan-bulan pertama setelah melahirkan. Wanita yang menyusui membakar kalori ekstra untuk membuat susu, sehingga mereka bisa kehilangan berat kehamilan lebih cepat daripada wanita yang tidak menyusui. Menyusui memicu kontraksi yang dapat membantu mengecilkan rahim.

Demikianlah tips dan cara mengencangkan perut setelah melahirkan. semoga bermanfaat